Madu Hitam Asli Khas Pulau Lombok - DENAWANTO

1/25/2019

Madu Hitam Asli Khas Pulau Lombok

Bukan hanya madu biasa saja yang menjadi daya tarik kuliner di Lombok ini, terdapat beberapa jenis madu yang sangat baik untuk kesehatan antara lain madu putih, dan madu hitam.

Kali ini kita akan membahas jenis madu hitam yang terdapat di daerah Lombok dan proses pembuatannya yang sangat alami. Dikatakan madu hitam bukan karena warna madunya yang hitam, tetapi jenis lebah yang menghasilkan madu tersebut adalah bewarna hitam.
madu itam lombok
Tidak jauh dari kota Mataram, terdapat daerah yang membudidayakan lebah hitam secara alami dan tanpa tehnologi ataupun bahan kimia, proses budidayanya pun terbilang cukup sederhana, disini para pemilik budidaya lebah hitam hanya cukup menyediakan kotak yang terbuat dari kayu dan bambu, karena lebah hitam ini sangat menyukai kedua jenis benda tersebut. Setelah menyediakan tempat tersebut, lebah hitam terlebih dahulu di cari di kawasan Hutan Lombok.

Terdapat 2 jenis lebah hitam yang biasa dibudidayakan, yang pertama lebah yang memang warnanya sangat hitam, dan yang kedua lebah yang bewarna hitam kekunig-kuningan. Untuk jenis yang pertama, yaitu yang bewarna hitam, biasanya madu yang dihasilkan tidak sebanyak dari jenis lebah yang ke dua, yaitu yang bewarna hitam kekuning-kuningan, lebah yang dibudidayakan disini cukup ditaruh saja di dalam kotak yang terbuat dari kayu dan bambu tersebut seperti contoh pada gambar diatas.

Setelah mengisi kotak dengan lebah hitam tersebut, kini para pemilik lebah hitam hanya tinggal menunggu waktunya untuk di panen, karena tidak membutuhkan operasional yang rumit, lebah tersebut di lepas dan dibiarkan mencari makan sendiri, biasanya jangkauan untuk mencari makan mencapai 1 km dari sarang mereka. Dan mereka akan pulang dengan sendirinya.

Biasanya proses panen lebah hitam tersebut memakan waktu tidak lama, estimasi panennya 1-2 bulan, tergantung seberapa cepat mereka menghasilkan madu. Setelah mengambil madu lalu disaring dan diperas langsung, para pemilik madu langsung menaruh madu tersebut kedalam botol yang telah disiapkan untuk di jual kepada para pelanggan, biasanya mereka sudah memiliki pelanggan tersendiri, dan karena hasilnya yang sangat alami, kebanyakan para pelanggan langsung mengambilnya dalam partai banyak. Tapi jangan khawatir Anda juga bisa mencicipi atau membeli dalam jumlah sedikit yang langsung dari pengelolanya.

Beberapa khasiat lebah hitam Lombok antara lain :

  • Yang memiliki kadar gula tinggi, sangat dianjurkan untuk menggunakan madu ini sebagai pengganti gula.
  • Kandungan propolis yang cukup tinggi, propolis adalah zat yang dapat membunuh bakteri jahat dalam tubuh
  • Untuk penyakit maag
  • Dan masih banyak lagi khasiat yang bermanfaat dari lebah madu tersebut. Jika Anda berkunjung kepulau Lombok, jangan lupa untuk sekedar merasakan kenikmatan dari lebah hitam tersebut.

dimohon supaya komentar relevan dengan judul postingan terima kasih