Budaya Gotong Royong Sebagai Ciri Khas Lombok Utara - DENAWANTO

1/09/2019

Budaya Gotong Royong Sebagai Ciri Khas Lombok Utara

Budaya Gotong Royong Sebagai Ciri Khas Lombok Utara, Istilah gotong royong berasal dari bahasa jawa gotong artinya pikul atau angkat, sedangkan royong artinya bersama-sama. sehingga jika kita artikan maka gotong royong merupakan mengangkat sesuatu secara bersama-sama atau mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. gotong royong di pahami sebagai bentuk partisifasi aktis setiap individu untuk bekerjasama dengan individu lainya. baik berupa fisik, keuangan, materi, atau hal apa saja yang di kerjakan secara bersama-sama.

"Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh"
Nilai gotong royong adalah semangat yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu. Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia lebih berdaya dan sejahtera. Dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat. 

Di Lombok Utara sendiri nilai gotong royong masih di junjung tinggi, dengan mengedepankan sikap kekeluargaan, kebersamaan dan rela berkorban dalam membangun daerah. karena dalam pembangunan daerah yang ada di lombok utara tidak begitu merata khususnya di daerah terpencil, yang paling utama terlihat adalah pada akses infrastruktur jalan. 


seperti yang terlihat pada gambar tampak warga masyarakat sedang bergotong royong memperbaiki akses jalan yang di mana lokasi ini terletak di Dusun Gerenggeng, Desa Sama Guna kecamatan Tanjung Lombok utara. 
salah satu langkah masyarakat di dusun gerenggeng desa sama guna kecamatan tanjung lombok utara adalah dengan cara bergotong royong untuk membangun daeranya tanpa harus menunggu dari pemerintah, karen daerah ini tergolong daerah yang sangat terpencil dan jauh dari darah perkotaan. dan sudah termasuk ke dalam daftar daerah yang tertinggal

dimohon supaya komentar relevan dengan judul postingan terima kasih