Dusun Gerenggeng SDA Bagus Akses Ke Lokasi Yang Tak Di Perhatikan - DENAWANTO

1/03/2019

Dusun Gerenggeng SDA Bagus Akses Ke Lokasi Yang Tak Di Perhatikan

Dusun Gerenggeng SDA Bagus Akses Ke Lokasi Yang Tak Di Perhatikan, Dusun Gerenggeng merupan salah satu dusun yang berada di bawah naungan Desa Sama Guna, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Dusun ini berada di penghujung selatan dan berperbatasan dengan Desa Narmada lombok barat.
Plakat nama jalan ke dusun gerenggeng
Dusun gerenggeng sendiri pecahan dari Dusun Dasan Tengak yang di mana dengan terjadinya pemekaran Desa jenggala menjadi 2 dusun yaitu sama guna, maka lahirlah dusun gerenggeng. terbentuknya dusun-dusun baru bertujuan untuk mempercepat proses pembanguna sumber daya alam (SDA) dan Sumber daya manusia (SDM) di masing-masing tempat.
Sungai Serawan, Dusun Gerenggeng, Desa Sama Guna, kec. Tanjung, Lombok Utara
dusun gerenggeng memiliki memiliki sumber daya alam yang bagus, karena pada dasarnya penduduk setempat memiliki matapencaharian sebagai pekebun yang di mana komoditas pokok yang mereka hasilkan berupa: kopi, coklat, kelapa, pisang, jambu mente dan lainya.

sebagai dusun yang baru terbentuk, banyak kendala dan hambatan yang di rasakan oleh perangkat kewilayahan, serta banyak hal yang harus di benahi oleh perangkat kewilayahan seperti: akses jalan yang sampai saat ini tidak kunjung di perbaiki, objek wisata ada namun tidak juga di promosikan, dan kendala lainnya.

Pada dasarnya dusun gerenggeng memiliki sumber daya alam yang melimpah rata-rata masyarakat setempat memiliki lahan untuk di jadikan sumber kehidupan sehari-hari. tetapi kendalanya akses jalan pada dusun ini sama sekali tidak pernah di sentuh oleh pihak pemerintah. sebagai contohnya lihat gambar dibawah ini.

mayrakat melakukan perbaikan jalan
akses jalan yang tak kinjung di perhatikan oleh pemerintah, kini menjadi tanggung jawab dari warga setempat. padahal sudah menjadi tugas dan wewenang dari pemerintah itu sendiri membangnkan masyarakat infrastruktur secara layak pakai.

karena akses jalan yang sulit tentu menjadi kendala dan tantangan tersendiri bagi kemajuan daerah ini. karena hasil bumi yang melimpah sulit di keluarkan dari lahan perkebunan, percuma harga komoditas mahal tetapi habis untuk ongkos ojek untuk membawa barang ke lokasi pembeli.
kondisi jalan di Dusun gerenggeng

jalan kaki saja mengerikan apalagi pakai motor
selama ini warga masyarakat dusun gerenggeng selalu menginginkan adanya perubahan pada akses jalan, tapi kenyataan selalu tidak bisa terealisai oleh pemerintah. apa yang kurang bayar pajak iya tapi kenapa akses jalan kami sampai saat ini tidak di perbaiki.

karena kami tau akses jalan ini menjadi penghambat segala bentuk aktivitas mulai dari sektor ekonomi, sosial dan budaya. dan tentu ini menjadi tantangan untuk kami,.

seperti yang terlihat pada sektor pariwisata Dusun Gerenggeng sebenarnya tidak miskin tempat wisata seperti:

1. Tangkok Loang Bukal

tangkok loang bukal
 tangkok loang bukal bisa di jadikan tempat selfi bagi kaum muda, karena tempat ini masih alami dan tentu menyuguhkan pemandangan yang indah, mulai dari pagi hari cocok untuk melihat terbitnya matahari, ataupun sore hari untuk melihat terbenamnya matahari. dan tentu suasana teduhnya menjadi hal yang tak tergantikan di banding tempat lain.

2. Sungai Serawan

sungai serawan
sungai serawan cocok untuk sport selfi kaum muda, karena tempat ini tergolong alami airnya yang jernih dan sangat dingin, menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung tempat ini.

tetapi di balik itu semua akses jalan menjadi kendala untuk mengunjungi tempat ini, dan tetap menjadi daerah yang tertingalkah daerah ini
kondisi jalan yang sangat sulit

dimohon supaya komentar relevan dengan judul postingan terima kasih