Masjid Kuno Bayan Sebagai Bukti Awal Sejarah Masuknya Islam Di NTB - DENAWANTO

1/14/2019

Masjid Kuno Bayan Sebagai Bukti Awal Sejarah Masuknya Islam Di NTB

Masjid Kuno Bayan Sebagai Bukti Awal Sejarah Masuknya Islam Di NTB, Pulau Lombok adalah mayoritas Beragama Islam, mulai dari ujung timur sampai ujung barat pulau lombok. Pulau lokbok juga terkenal dengan julukan pulau seribu masjid. Oleh karena itu tentu akan terasa sangat menarik bila kita  bahas bukti sejarah awal mulanya Agama Islam di Pulau Lombok.

Sejarah sudah mencatat bahwa Agama Islam pada awalnya masuk dari bagian timur dari arah Bayan. Dan hal ini sudah tidak bisa di pungkiri lagi karena di dukung oleh masjid yang pertama kali di bagun adalah masjid kuno bayan.

Sejarah Masjid Kuno Bayan
Masjid kuno Bayan memiliki keistimewaan tersendiri, yakni menjadi salah satu situs beraejarah yang ada di Indonesia. Masjid Bayan Beleq bersiri sekitar abad ke 17. Kecamatan bayan menjadi gerbang masuknya agama islam di pulau lombok. Di kecamatan inilah islam pertama kali di perkenalkan dan masjid bayan beleq adalah masjid yang pertama kali berdiri di pulau lombok. 

Bentuk bagunan mesjid beleq bayan tidak berbeda jauh dengan rumah-rumah sekitarnya yang ada di daerah tersebut. Bangunan masjid ini berukuran 9X9 meter. Dindingnya terbuat dari anyaman bambu. Atapnya berbentuk tumpang terbuat dari belahan bambu. Sedangkan fondasi lantai terbuat dari batu kali. Sementara lantainya terbentuk dari tanah liat yang saat ini sudah tertutup tikar buluh.

Disudut ruang-ruang masjid memiliki tiang terbuat dari kayu nangka yang berbentuk silinder. Di dalam masjid terdapat bedug yang terbuat dari kayu yang di gantung di tiang atap masjid.

Dalam masjid ini terdapat BELEQ (Makam Beaar) salah seorang penyebar agama islam pertaka di kawasan ini, yakni Gaus Abdul Rozak selain itu di belakang depan  kanan dan kiri masjid terdapat gubuq kecil , di dalam gubuq ini terdpat makam tokoh-tokoh agama yang turut ikut mengurusi masjid ini sedari awal.

Artikel ini bersumber dari https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masjid_Bayan_Beleq

dimohon supaya komentar relevan dengan judul postingan terima kasih