Metatah atau Potong Gigi Umat Buddha di Lombok Sebagai Bentuk Kedewasaan - DENAWANTO

2/02/2019

Metatah atau Potong Gigi Umat Buddha di Lombok Sebagai Bentuk Kedewasaan

Metatah, Mengasak, Potong Gigi. Salah satu tradisi umat buddha di Lombok adalah metatah dalam bahasa bali, Mengasak dalam bahasa sasak Lombok Utara, Potong Gigi dalam bahasa Indonesia.

Tradisi metatah atau mengasak merupakan ritual wajib bagi umat Buddha di pulau Lombok khususnya bagi anak perempuan atau anak laki-laki yang sudah menginjak dewasa. Atau sebelum menuju ke kehidupan berumah tangga sebagai bentuk ritual menuju kedewasaan

Tradisi metatah atau mengasak di lakukan pada anak perempuan yang sudah mengalami menstuasi, dan anak laki-laki yang sudah mengalami perubahan suara. Lebih lengkapnya pada remaja yang sudah akir balik.

Metatah atau mengasak di lalukan dengan cara memotong enam buah biji gigi bagian atas untuk di ratakan, pada dasarnya metatah atau mengasak gigi tidak di potong melainkan gigi di rapikan.

Metatah atau mengasak sebagai bentuk kepedulian orang tua kepada anaknya dan hal ini di lakukan secara turun temurun oleh nenek moyang umat Buddha yang ada di Lombok.

Tradisi metatah sebagai bentuk tradisi yang masih di lestarikan oleh umat Buddha yang ada di Pulau Lombok, meskipun di tengah arus moderenisasi Tradisi metatah atau mengasak umat Buddha yang ada di Pulau Lombok masih tetap di laksanakan dan tidak luntur oleh waktu.

dimohon supaya komentar relevan dengan judul postingan terima kasih